Anjuran Untuk Qiyamul Lail di Al Qur'an


Jika orang Muslim merenungkan Al-Qur’an, ia pasti melihat dan berkesimpulan bahwa Allah Ta’ala sering menganjurkan untuk Qiyamul Lail di banyak ayat dan menjelaskan sifat-sifat indah para pelakunya, hingga seseorang berharap enjadi salah seorang pelakunya. Terkadang, Allah Ta’ala menjelaskan bahwa ciri para pelakuya ialah bertakwa dan berbuat baik, Allah Ta’ala berfirman,
إن المتقين فى جنت وعيون. ءاخذين ما ءاتهم ربهم إنهم كا نوا قبل ذلك محسنين. كا نوا قيلا من اليل ما يهجعون.

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di taman-taman(surga) dan air-mata air. Sambil mengambil apa yang diberikan kepada mereaka oleh Tuhan mereaka, sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalh orang-orang yang berbuat baik.mereka sedikit sekali tidur di waktu malam.” (Adz-Dzariyaat: 15-17).

Jadi, Qiyamul Lail mereka adalah indikasi kebaikan dan ketakwaan mereka.

Terkadang, Allah Ta’ala menjelaskan behwa di antara diri para pelaku Qiyamul Lail ialah takut kepada akhirat, selalu berharap kepada Tuhan mereka, bahwa Qiyamul Lail menjadikan mereka sebagai orang-orang berilmu dan barang siapa tidak mengerjakan perbuatan mereka (Qiyamul Lail) maka ilmunya tidak sama dengan mereka.

Terkadang, Allah ta’ala menjelaskan bahwa ciri mereka ialah termasuk orang-orang berakal selalu ingat.

Hebatnya, penjelasan ciri-ciri tersebut disebutkan Allah Ta’ala hanya di satu ayat. Allah Ta’ala berfirman,
امن هو قنت ءاناء اليل ساجدا وقائما يحذر الأخرة ويرجوا رحمة ربه. قل هل يستوي الذي يعلمون والذين لايعلمون. إنما يتذكر أولوا الأ لبب.

“(Apakah kamu hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadah di waktu-waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (adza) di akhirat dan menghadapkan rahmat Tuhannya? Katakan, ‘Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?’ Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajarang.”(Az-Zumar : 9).

Begitulah, pada ayat-ayat di atas dan ayat-ayat lainnya. Kita lihat Allah Subhanahu wa Ta’ala menganjurkan Qiyamul Lail. Itu tidak lain, karena Qiyamul Lail mempunyai dampak besar dan manfaat banyak. Maka tidak heran, kalau imam para rasul dan qudwah (teladan) seluruh manusia, Rasulullah SAW. Menyingsingkan lengan baju dan melakukan Qiyamul Lail, higga kedua kaki beliau yang suci bengkak.

Pada awal kemunculan dakwah, Allah swt. Menyuruh Rasulullah SAW. Dan para sahabat agar,

“Hai orang yang berselimut (Muhammad). Bangunlah (untuk shalat) di malam hari, kecuali sedikir (darinya). Yaitu seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu dan baalah Al-Qur’an dengan tartil”. (Al-Muzammil 1-4)

Dan sesungguhnya segala amal perbuatan yang dilakukan manusia sekecil apapun akan mendapat balasannya. Janganlah bersedih Allah selalu bersama kita dalam keadaan apapun. Dan janganlah berpikir  yang aneh-aneh tentang prasangka buruk semuanya sudah ditentukan dan telah tercatat apa yang akan terjadi nanti, semuanya sudah diatur sedemikian rupa, dan janganlah membantah apa yang telah ditentukan olehmu, berpikirlah semua ada hikmahnya, dan manfaatnya.

Manusia diciptakan diberi akal dan nafsu, bertujuan agar bisa menggunakan akalnya untuk mengendalikan nafsunya, agar tidak terjerumus oleh nafsu maka manusia diberi akal untuk berpikir agar tidak terjerumus oleh nafsu. Dan semunya telah ditentukan oleh Yang Maha Kuasa, agar kita berdoa, berharap, dan memohon apa yang kita inginkan pada Yang Maha Kuasa, agar tidak terjerumus ke jalan yang sesat.

Kalaupun kita menemui atau sedang mengahadapi suatu masalah, cobaan atau hal lainnya yang menjadikan kita berprasangka buruk atau berpikir negatif, kita harus hadapi dengan lapang dada, dan berharap memohon pada yang Maha Kuasa agar diberi petunjuk tentang semua perkara yang sedang menimpa kita, karena itu kita gunakan akal kita untuk berpikir bahwa dunia ini adalah permainan, dimana permainan itu pasti ada yang menang dan kalah, jika kita tidak ingin kalah dalam permainan tersebut, kita harus berusaha sekuat tenaga agar bisa memenangkan permainan dunia ini.


Anjuran Untuk Qiyamul Lail di Al Qur'an Anjuran Untuk Qiyamul Lail di Al Qur'an Reviewed by Belajar Dan Berbagai on Tuesday, January 08, 2013 Rating: 5

No comments:

Tulis untuk peningkatan pengetahuan

Powered by Blogger.