Orang Yang Telinganya Bersuara Nging


Apakah sebab musababnya telinga bersuara nging? Karena musababnya ada yang mengatakan dengan tidak berpedoman, bertahayul dan sangkaan jelek terhadap hal itu karena keterangan yang jelas, mohon penjelasan agar dapat mengetahui yang sebenarnya dan jelas.
Sesungguhnya suara “Nging” dalam telinga itu Rasulullah SAW. Menyebut orang yang telinganya bersuar, dalam perkumpulan yang tertinggi (mala’ al-a’laa) dan supaya ia ingat pada Rasulullah SAW. Dan membaca Shalawat.
Keterangan, dari Kitab;
1.      Al-Siraj al-Munir[1]
قال صل الله عليه وسلم إذا طنت أذن أحدكم فليذ كرني وليصل علي وليقل ذكر الله من ذكرني بخير. قال المناوي فإن الاذن إنما تطن لماورد على الوح من الخبر الخير وهو أن المصطفى صل الله عليه وسلم قد ذكر ذلك الانسان بخير في الملاء الأعلى في عالم الأرواح.
Jika telinga seseorang dari kalian berdenging, maka hendaknya ia mengingat aku (Rasulullah SAW) dan membaca Shalawat kepadaku (Rasulullah SAW) serta mengucapkan ذَكَرَ الله مَنْ ذَكَرَنِيْ بِخَيْرٍ Allah akan mengingat yang mengingatku (Raslullah SAW) dengan kebaikan. Imam al-Munawi berkata, sesungguhnya telinga itu berdengung hanya ketika dating berita baik ke ruh, bahwa Rasulullah SAW. telah menyebutkan orang (pemilik telinga berdengung) tersebut dengan kebaikan di al-Mala’ al-A’la (Majlis tertinggi) di alam ruh.


[1] Ali al-Azizi, al-Siraj al-Munir, (Mesir, Musthafa al-Halabi, 1377 H/1957 M), Cet, Ke-3 Jilid I, h. 156.

Orang Yang Telinganya Bersuara Nging Orang Yang Telinganya Bersuara Nging Reviewed by Belajar Dan Berbagai on Wednesday, March 20, 2013 Rating: 5

No comments:

Tulis untuk peningkatan pengetahuan

Powered by Blogger.