Permintaan Maaf

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
بسم الله الرحمن الرحيم 

Segala puji syukur kehadirat Allah SWT. yang telah memberikan rahmat, hidayah, taufiq serta inayah-Nya kepada kita semua, sehingga kita masih bisa diberi kesempatan untuk menghirup udara segar yang tak terasa bahwa itu adalah nikmat yang sangat besar dari Allah SWT. Semoga kita semua menjadi orang-orang yang selalu bersyukur untuk lebih dekat kepada Allah.

Shalawat serta salam kita haturkan kepada nabi kita nabi besar Muhammad SAW. yang selalu memberikan kita petunjuk ke arah yang lebih baik dan benar menurut Allah dan Rasulullah, dan beliau selalu memberi Syafaat kepada orang-orang yang selalu bershalawat kepada beliau, semoga kita menjadi orang-orang yang selalu bershalawat dan mendapatkan syafaat dari beliau di akhir nanti, Amien.

Setiap manusia tidak bisa hidup tanpa adanya manusia lain yang saling membantu, karena setiap muslim dan muslim yang lainnya saling membangun untuk memperkuat dan mempertahankan kehidupan di dunia untuk menjalankan ibadah kepada Allah SAW. Sehubungan dengan itu manusia takkan lepas dengan yang namanya kesalahan, karena kesalahan merupakan sifat manusia yang ada sejak dulu. Kesalahan bisa terjadi karena kesalahpaman, ketidaktahuan, kekeliruan dan kecerobohan yang tidak disengaja sedangkan kesalahan yang termasuk menggangu ketenangan dan kenyaman manusia seperti mencuri, menipu, berbohong dan yang lainnya, merupakan kesalahan yang harus dimintai kemaafan dari seseorang yang disalahi untuk mendapatkan maaf dari Allah SWT. maka dari itu setiap manusia yang memiliki kesalahan kepada seseorang harus meminta maaf untuk mendapatkan maaf dari Allah, entah bagaimana seseorang tersebut berbuat untuk mendapatkan maaf dari orang yang telah disakiti atau diganggu yang menimbulkan ketidaktenangan dan kenyamaan hidup. setelah seseorang tersebut mendapatkan maaf, maka seseorang itu juga akan mendapatkan maaf dari Allah SWT. atas segala kesalahan yang diperbuat. dan sebagai sesama manusia harusnya selalu meminta dan memberi maaf agar dimudahkan atas segala urusan kepada Allah SWT. 

Dan saya sebagai manusia yang hidup diantara manusia yang lainnya, pastinya mempunyai dan memiliki kesalahan, baik yang saya sengaja maupun yang tidak saya sengaja karena kelemahan dan ketidaktahuan atas perbuatan dan ucapan saya yang menimbulkan dan menjadikan kesalahan kepada seseorang yang berada di lingkungan hidup saya. Dengan segala kerendahan hati saya meminta maaf kepada semua yang pernah saya berbuat salah kepadanya dan yang telah bersedia melengkapi dan menambah pengertian atas segala sesuatu yang tidak saya mengerti, sehingga sewaktu bersama terjadi kesalahan yang saya sengaja ataupun yang tidak saya sengaja dan saya meminta maaf seandainya ucapan yang saya tulis ini tidak selayaknya saya tulis, karena kematian bisa datang kapan saja, dimana saja, dan sewaktu-waktu bisa datang tanpa kita undang. Agar tulisan ini bisa memberikan pengertian kepada seseorang yang hidup di lingkungan hidup saya, baik yang di dunia nyata maupun yang berada di dunia maya yang tak bisa saya datang ketempat kediamannya untuk meminta maaf. Sebelum saya meninggalkan kehidupan diantara manusia dan yang lainnya saya tulis ini untuk meminta maaf kepada semua sesama hamba Allah dan sesama makhluk Allah yang dhoif (lemah).

Begitu juga kepada semua yang merasa pernah berbuat salah kepada saya, saya memberi maaf kepadanya, semoga diantara kita tak ada dosa yang terbawa sampai akhir hayat kita, Amien.


ALLAH menjelaskan bahwa perbuatan meminta dan memberi maaf adalah antara amalan mulia yang melayakkan seseorang muslim mendapat ganjaran yang tinggi di sisi-NYA:

Terimalah kemaafan dan suruhlah dengan perkara yang baik, serta berpalinglah (jangan dihiraukan) daripada orang yang jahil. - Surah al-A‘raf : 199



Demikian yang saya tulis hari ini Jum'at, 25 Oktober 2013; 20:15 WIB semoga menjadikan maklum dan menjadikan kebaikan kepada kita semua atas rahmat dan ridho Allah SWT. Terimakasih atas partisipasi, kerelaan dan luangan waktunya untuk membaca dan memberi maaf kepada saya.

Tertanda,


Habib Amin

085640126926





 
Permintaan Maaf Permintaan Maaf Reviewed by Belajar Dan Berbagai on Friday, March 11, 2016 Rating: 5

No comments:

Tulis untuk peningkatan pengetahuan

Powered by Blogger.